Jumat, 04 Mei 2012

10 Tips untuk Mencegah Diabetes





Setiap hari semakin banyak orang Indonesia menderita diabetes tipe-2 (diabetes pada saat dewasa). Menurut perkiraan WHO jumlah penderita diabetes tipe-2 di Indonesia bertambah menjadi 3x lipat dalam 10 tahun dan 2010 lalu mencapai 21,3 juta orang. Bandingkan dengan tahun 2000, di mana jumlah penderitanya "baru" mencapai 8,4 juta orang.



Diabetes tipe-2 terkait kondisi yang disebut resistensi insulin. Salah satu sebabnya adalah gangguan sekresi insulin dari sel-sel beta pankreas, tetapi sebab utamanya adalah ketidakmampuan tubuh untuk merespon insulin dengan baik. Pankreas sudah bekerja keras untuk memproduksi insulin lebih banyak, tetapi jaringan tubuh (misalnya, otot dan sel-sel lemak) tidak merespon dan tidak peka terhadap insulin. Pada titik ini, diabetes terjadi di mana kadar gula darah melambung di atas normal. Kadar gula darah yang terus-menerus tinggi pada akhirnya akan menimbulkan banyak komplikasi kesehatan yang serius.

Untungnya, Anda bisa mencegah diabetes tipe-2 melalui perubahan gaya hidup. Berikut 10 perubahan gaya hidup sederhana yang dapat membantu Anda mencegah dan mengendalikan diabetes :


1. Lakukan lebih banyak aktivitas fisik

Ada banyak manfaat berolahraga secara teratur. Latihan olahraga dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh Anda terhadap insulin, yang membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal. Dengan meningkatkan olahraga, tubuh menggunakan insulin lebih efisien sampai 70 jam setelah latihan. Jadi, berolahraga 3-4 kali seminggu akan bermanfaat pada kebanyakan orang.

2. Dapatkan banyak serat dalam makanan

Makanan  tinggi serat (buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan umbi-umbian) tidak hanya mengurangi risiko diabetes dengan meningkatkan kontrol gula darah tetapi juga menurunkan resiko penyakit jantung dan menjaga berat badan ideal dengan membantu Anda merasa kenyang.

3. Makanlah kacang-kacangan dan biji-bijian

Meskipun tidak jelas mengapa, biji-bijian dapat mengurangi risiko diabetes dan membantu menjaga kadar gula darah. 

4. Turunkan berat badan

Sekitar 80% penderita diabetes kegemukan dan kelebihan berat badan. Jika Anda kelebihan berat badan, pencegahan diabetes dapat bergantung pada penurunan berat badan. Setiap kg Anda kehilangan berat badan dapat meningkatkan kesehatan Anda.

5. Perbanyak minum produk susu rendah lemak

Data mengenai produk susu rendah lemak tampaknya berbeda-beda, tergantung apakah Anda gemuk atau tidak. Pada penderita obesitas, semakin banyak susu rendah lemak yang dikonsumsi, semakin rendah risiko sindrom metabolik (kumpulan faktor risiko untuk terjadinya penyakit kardiovaskular yang ditemukan pada seorang individu). 

6. Kurangi lemak hewani

Dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 42.000 orang, diet tinggi daging merah, daging olahan, produk susu tinggi lemak, dan permen, dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes hampir dua kali dari mereka yang makan diet sehat. 

7. Kurangi konsumsi gula

Konsumsi gula saja tidak terkait dengan pengembangan diabetes tipe 2. Namun, setelah disesuaikan dengan berat badan dan variabel lainnya, tampaknya ada hubungan antara minum minuman sarat gula dan pengembangan diabetes tipe 2.

8. Berhenti merokok

Merokok tidak hanya berkontribusi pada penyakit jantung dan menyebabkan kanker paru-paru tetapi juga terkait dengan perkembangan diabetes. Merokok lebih dari 20 batang sehari dapat meningkatkan risiko diabetes lebih dari tiga kali lipat dari orang yang tidak merokok. Alasan tepatnya untuk hal ini belum diketahui dengan baik. Kemungkinan merokok secara langsung menurunkan kemampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin.

9. Hindari lemak trans

Hindari mengkonsumsi lemak trans (minyak sayur terhidrogenasi) yang banyak digunakan pada produk olahan dan makanan cepat saji. Lemak trans berkontribusi pada penyakit jantung dan dapat menyebabkan diabetes tipe- 2.

10. Dapatkan dukungan

Dapatkan teman, keluarga atau sekelompok orang untuk membantu Anda dalam mencegah diabetes. Mereka dapat mendukung Anda dalam memempertahankan gaya hidup sehat baru Anda.


Tahitian Noni Bioactive Beverage, dengan kandungan bioaktif iridoid dapat membantu anda dalam terapi diabetes, telah terbukti secara ilmiah melalui 52 paten dan 15 uji klinis. Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.




Sumber : minumanbioaktif.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar